Dudukan / Sepatu di Kuda-kuda Rangka Atap Baja Ringan (bagian-2)

“Bagaimana cara pengawasan dan pengarahan dalam hal metode pemasangan rangka atap baja ringan sebelum dan saat pemasangan di suatu bangunan?”

Sebelum beranjak ke penjelasan metode pemasangan dan cara pengawasan dan pengarahan maka terlebih dahulu kita bahas mengenai kesalahan-kesalahan saat akan pelaksanaan pemasangan rangka atap baja ringan.  Berikut beberapa permasalahan yang terjadi di lapangan:

  1. Saat pemotongan batang rangka baja ringan, aplikator tidak jeli dalam hal pembacaan gambar. Ini sering terjadi pada batang horisontal yang menumpu pada ring balok.
  2. Tidak menggunakan tumpuan/dudukan berupa potongan baja ringan atau plat dudukan tetpai hanya dipasang pada ringbalok menggunakan paku atau diikat menggunakan besi beton, bagi tukang/aplikator yang belum memiliki pengalaman dalam hal pemasangan rangka atap baja ringan maka asumsi mereka bahwa pengikat terhadap ring balok disamakan dengan pemasangan rangka atap kayu yang diikat menggunakan besi beton.
  3. Tidak adanya perhitungan struktur dari pihak vendor/suplier dan hanya berdasarkan pengalaman pemasangan dari rangka atap kayu dan diterapkan ke rangka atap baja ringan sehingga sering terjadi kegagalan pemasangan seperti rangka atap roboh.Kemudian pertanyaan selanjutnya, bagaimanakah cara pemasangan perletakkan tumpuan/dudukan rangka atap baja ringan yang benar dan terkoneksi dengan ring balok?

    Ada pepatah tiada rotan akarpun jadi..kalau dari suplier tidak menyediakan plat dudukan “L” maka ada solusi atau langkah yang dapat menggantikan plat dudukan “L”.

    Solusi berdasar pengalaman lapangan

    Dalam pemasangan rangka atap baja ringan pastinya sering dijumpai sisa-sisa potongan rangka baja ringan sehingga material sisa tersebut bisa kita gunakan sebagai pengaku dengan membentuk seperti huruf-L dan menggunakan dynabolt untuk menghubungkan ke ring balok seperti yang ditunjukkan foto dibawah ini.

    sumber : www.jagobangunan.com

    Kemudian, bagaimana pemasangan tumpuan yang dipasang ke ring balok menggunakan dynabolt?  Berikut foto pemasangan dyanbolt ke ring balok.

    Bagi rekan-rekan yang belum memiliki pengalaman dalam memilih vendor/suplier rangka atap baja ringan ada beberapa tips yaitu:

    1. Desain denah atap bangunan diberikan dan konsultasikan kepada pihak vendor/suplier oleh klien untuk didesain dan dihitung analisa struktur menggunakan program khusus baja ringan.
    2. Pihak vendor/suplier akan memberikan kepada klien berupa hitungan struktur dan estimasi biaya pemasangan serta akan ditentukan juga jenis material baja ringan yang tepat sesuai kebutuhan dari rencana bangunan.
    3. Apabila telah terjadi kesepakatan dalam hal biaya dan perhitungan struktur desain rangka atap baja ringan maka dilanjutkan pemasangan di lapangan.
    4. Perlu diperhatikan, tidak semua suplier/vendor memberikan perhitungan biaya, struktur dan jaminan garansi pemasangan rangka atap baja ringan. Hanya beberapa vendor/suplier juga memiliki aplikator yang bersertifikat.  Jangan tergoda dan terpengaruh dengan harga murah tetapi tidak menjamin atas kualitas bahan dan pemasangan, yang sering terjadi di pasaran banyak suplier menjual bahan baja ringan saja tetapi tidak menjamin perhitungan struktur dan jaminan garansi pemasangan.  Memang biaya lebih tinggi untuk vendor/suplier yang memberikan jaminan garansi pemasangan dan aplikator bersertifikat dibanding denga vendor yang tidak bisa memberikan jaminan garansi pemasangan dan aplikator yang bersertifikat.
    5. Berdasarkan pengalaman lapangan, suplier/vendor yang memberikan perhitungan struktur, jaminan garansi pemasangan dan bahan serta aplikator yang bersertifikat antara lain: Smartruss, Alsun, Cahaya Benteng Mas, Pryda dan masih banyak yang lainnya yang sudah bisa menjamin kesemuanya.
    6. Dan yang terakhir, untuk kualitas bahan yang masih unggul yaitu bahan koil (raw material) dari Bluescope Steel.
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apabila bermanfaat, bagikan artikel ini