Jenis Kontrak Bangunan [Bagian-2]

  1. SERIALTENDER = TENDER BERSAMBUNG

Cara ini merupakan pengembangan dari kontrak negoisasi, dimana suatu kontraktortelah berhasil melaksanakan suatu kontrak dari proyek sejenis.  Perkerjaaan berikutnya dilaksanakanberdasarkan harga satuan penawaran awal.

2. BULKPURCHASE AGREEMENTS = KESEPAKATAN PEMBELIAN TERTENTU

Pemiliktelah menjalin kerjasam dengan perushaaan tertentu untuk mengadakanbarang-barang tertentu dalam jumlah dan periode tertentu.  Kontraktor membuat penawaran berdasarkanharga-harga dari perusahaan tersebut.

3. SPECULATIVEWORK = PEKERJAAN SPEKULASI

Kontrak jenis ini lebih cocok ditujukan kepada pemilik yang bergerak dalam usaha property.  Karena permintaan pasar, maka pemilik dapat membangun sejumlah rumah tertentu atau pabrik untuk dijual. Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan survey pasar terlebih dahulu.

Untukmemenuhi tujuan ini, maka pemilik dapat melaksanakan sendiri pekerjaannya mulaidari penyediaan tanah, perizinan, perencanaan dan pelaksanaan kontruksi.  Tetapi dapat juga menunjuk arsitek untukmembuat perencanaan dan kontraktor sebagai pelaksana konstruksi.

4. DIRECTLABOR = SEWA KELOLA

Dilakukanoleh pemerintah atau instansi yang berencana melaksanakan pekerjaan-pekerjaanyang rutin pada setiap tahun.

5. BUILDOPERATE AND TRANSFER (BOT) = MEMBANGUN MENGOPERASIKAN DAN MENYERAHKAN KEMBALI

Merupakan salah satu bentuk penanaman modal.  Perusahaan yang akan melakukan kontrak ini lebih tepat disebut investor.  Seluruh kegiatan pekerjaan dimulai dari penyediaan lahan, study kelayakan, perencanaan, pelaksanaan pekerjaan, pemeliharaan, penyediaan perlengkapan/fasilitas dilakukan dan dibiayai oleh investor.

Sebagai imbalan, maka investor diberi hak untuk mengoperasikan bangunan tersebut secarakomersial untuk selama jangka waktu tertentu. Setelah masa pengoperasian habis, maka bangunan tersebut diserahkankepada pemilik.  Didalam setiap tahapkegiatan pembangunan proyek, investor dapat memakai jasa-jasaperusahaan/perorangan yang ahli di bidang itu.

6. LUMPSUMPRICE  = HARGA TOTAL PASTI

Kontraktorharus mengihitung volume pekerjaan beradasarkan gambar-gambar dan spesifikasiyang diterima dan dengan dasar ini menentukan harga penawaran. 

7. SCHEDULEOF RATE = DAFTAR HARGA SATUAN

Bagianpekerjaan yang belum dapat ditentukan secara pasti, harga ditawar hargasatuannya saja.  Bagian volumenya tidakada/dikososngkan.  Dengan cara ini tidakdapt diperkirakan harga kontrak atau harga akhir suatu proyek.

8. BILLOF QUANTITIES = HARGA SATUAN PEKERJAAN

Kontraktorhanya memusatkan perhatian pada harga saja, karena semua pihak menggunakan dataukuran yang sama.  Bagian pekerjaanbeserta volumenya sudah diberikan dalam dokumen tender.

9. BILLOF APPROXIMATE = QUANTITIES

Terkadangsaat pelaksanaan proyek berlangsung terdapat bagian-bagian pekerjaan tertentuyang tidak dapat dihitung/terukur dengan tepat sehingga metode Bill OfApproximate ini dapat dilakukan, dengan catatan perhitungan dan pengukurandilakukan setelah proyek selsai.

10. COSTPLUS PROSENTASE

Biaya/upah,bahan material, peralatan, sub-kontraktor dan overhead dibayarkan kepadakontraktor termasuk sejumlah proses lainnya.

11. COSTPLUS FIXIED FEE

Keuntunganuntuk kontraktor ditetapkan dan disepakati lebih dahulu sebelum pelaksanaanpekerjaan.

12. COST PLUSVARIABLE FEE

Imbalan keuntungan untuk kontraktor dibuat dalam duabagian.  Bagian pertama, berupa jumlahnominal yang pasti.  Bagian kedua,sejumlah nominal yang besarnya tergantung kepada kemampuan.  Realisasi biaya bisa lebih kecil, sama ataumelebihi biaya yang ditargetkan.

23. INTERNATIONAL CONTRACT

Apabila tender diikuti oleh kontraktor-kontraktor asing dan kontraktor Indonesia maka dapat disebut dengan Tender Internasional. Kontrak ini harus mengacu pada kontrak standart internasional yaitu FIDIC, ASTM, BS, JIS dan lain-lain.  Adapun tatat cara tender ini harus memuat dari 3 aspek yaitu: Metode Konstruksi yang berlaku di internasional, Safety Engineering dan Quality Control.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apabila bermanfaat, bagikan artikel ini